10 Tujuan Pengembangan Karir

10 Tujuan Pengembangan Karir – Tujuan pengembangan karir adalah cara untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan lebih banyak pengalaman Anda di tempat kerja. Ada berbagai tujuan karir yang dapat Anda capai tergantung pada minat dan bakat Anda. Anda dapat menetapkan tujuan individu atau berkolaborasi dengan anggota tim untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 Tujuan Pengembangan Karir, mengapa tujuan pengembangan karir itu penting dan memberikan contoh yang dapat Anda gunakan untuk memberi manfaat bagi karir Anda.

Kenapa tujuan pengembangan karir itu penting ?

Tujuan pengembangan karir adalah tujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan Anda. Anda dapat menggabungkan minat pribadi Anda dengan keterampilan atau tujuan kinerja untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja.

Menetapkan tujuan pengembangan karir mendorong peningkatan keterampilan. Anda mungkin cukup belajar untuk melamar promosi, atau Anda dapat mengubah karier berdasarkan kemampuan baru Anda. Menciptakan tujuan untuk dicapai dalam jangka waktu tertentu memberi Anda inisiatif untuk bekerja keras.

Tujuan pengembangan karir dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah karena Anda menjadi lebih cepat dan lebih produktif berdasarkan apa yang Anda pelajari. Menetapkan tujuan pengembangan profesional juga menunjukkan kepada manajer Anda bahwa Anda serius dengan pekerjaan Anda dan ingin terus unggul di dalamnya.

Berikut adalah10 Tujuan Pengembangan Karir untuk membantu Anda, membuat tujuan Anda sendiri:

1. Pelajari Bagaimana Fungsi Departemen Lain

Mempelajari cara kerja berbagai departemen dapat membantu Anda berkontribusi lebih berarti bagi perusahaan. Saat Anda mempelajari bagaimana peran Anda memengaruhi departemen yang berbeda, Anda dapat mengubah kebiasaan kerja untuk membuat fungsi divisi lain lebih lancar. Anda dapat membuat salah satu tujuan pengembangan karir Anda untuk menjadwalkan beberapa jam mengamati setiap departemen yang bekerja dengan tim Anda.

2. Lengkapi Gelar Profesional atau Sertifikat

Tujuan pengembangan karir keseluruhan yang bagus adalah mendapatkan gelar profesional atau sertifikat yang mendukung kemajuan karir. Pendidikan berkelanjutan meningkatkan keterampilan Anda saat ini dan dapat membantu Anda di masa depan jika Anda ingin melamar promosi atau mengubah karier. Ada berbagai program yang tersedia di industri yang berbeda, dan banyak institusi menawarkan kursus malam untuk mengakomodasi jadwal kerja.

Bergantung pada tingkat pendidikan yang ingin Anda peroleh, ini dapat berfungsi sebagai tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Anda dapat menetapkan tujuan jangka pendek untuk menyelesaikan kelas online empat jam atau menetapkan tujuan jangka panjang untuk memperoleh gelar master.

Artikel Terkait :  3 Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Baik Dan Benar

Beberapa pengusaha menawarkan program pengembangan profesional untuk berinvestasi dalam pertumbuhan karyawan mereka. Tanyakan kepada manajer atau perwakilan sumber daya manusia Anda apakah perusahaan Anda memiliki program pengembangan profesional sehingga Anda dapat terus mempelajari keterampilan terkait industri.

3. Tingkatkan Indikator Kinerja

Indikator kinerja adalah data yang dikumpulkan untuk mengukur perilaku dan aktivitas dalam kaitannya dengan kinerja secara keseluruhan. Meningkatkan indikator kinerja Anda di tempat kerja dapat membuktikan seberapa efisien Anda.

Contoh indikator kerja, untuk melacak bagaimana Anda membantu mengurangi biaya keseluruhan perusahaan dan seberapa sering Anda mengirimkan proyek sesuai tenggang waktu mereka. Anda dapat menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk dicapai. Pertimbangkan untuk melacak indikator kinerja Anda untuk melihat peningkatan Anda sepanjang tahun.

Anda juga dapat memasukkan indikator positif pada CV Anda, sebagai bahan pendukung untuk melengkapi permintaan kenaikan gaji, promosi atau menyorotinya dalam wawancara kerja.

4. Terapkan untuk promosi

Salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan mengajukan promosi. Ini dapat berfungsi sebagai tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Mulailah dengan mengidentifikasi peran berikutnya dalam perkembangan karir Anda dan menilai kualifikasi Anda. Jika Anda memenuhi persyaratan dan hanya perlu menunjukkan keterampilan tambahan seperti kepemimpinan, ini bisa menjadi tujuan jangka pendek. Jika Anda merasa perlu mendapatkan keterampilan, pendidikan, atau pengalaman tambahan, ini bisa menjadi tujuan jangka panjang.

Mencari posisi dengan tanggung jawab lebih, dapat membantu Anda memperoleh keterampilan baru dan terus meningkatkan karier Anda. Saat Anda siap untuk promosi, buatlah daftar proyek yang telah Anda selesaikan untuk didiskusikan dengan manajer Anda dan dampaknya terhadap bisnis. Anda juga dapat menyebutkan keterampilan apa pun yang ingin Anda pelajari, seperti memimpin tim.

5. Tingkatkan keterampilan jaringan Anda

Meningkatkan keterampilan jaringan, dapat meningkatkan peluang Anda untuk meningkatkan pengetahuan terkait bisnis Anda dan membangun jaringan profesional yang lebih kuat. Anda dapat memulai jaringan dengan berbicara pada rekan kerja baru atau berbicara dengan rekan kerja di departemen lain.

Cara lain untuk membangun jaringan adalah dengan menghadiri acara profesional di mana Anda bertemu orang baru dengan minat yang sama. Acara berjejaring dapat berfokus pada pembelajaran lebih banyak tentang aspek baru dari suatu industri atau hanya berfokus pada topik atau keterampilan tertentu.

6. Kembangkan keterampilan komunikasi Anda

Menyampaikan dan menerima informasi yang jelas meningkatkan efisiensi kerja. Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan karir untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis, interpersonal, dan verbal Anda. Misalnya, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi verbal Anda, ikuti kelas berbicara di depan umum yang membantu Anda merasa lebih nyaman menyampaikan presentasi.

Artikel Terkait :  8 Tips untuk Melepaskan Beban Kerja Secara Efisien

Komunikasi tertulis adalah tujuan pengembangan profesional lain yang penting untuk diusahakan. Sebelum Anda mengirim email, periksalah untuk memastikan bahwa email tersebut jelas, bebas dari kesalahan, dan ringkas. Aktifkan pemeriksa ejaan otomatis di browser web Anda sehingga setiap email yang Anda kirim kemungkinan besar bebas kesalahan dan profesional.

7. Bekerja Dengan Baik Dalam Tim

Bekerja secara efisien dalam tim menunjukkan kepada supervisor Anda bahwa mereka dapat bergantung pada Anda. Jika Anda saat ini berada di tim proyek, ambil inisiatif dan atur pertemuan untuk membahas kemajuan Anda.

Saat Anda menghadiri pertemuan, pastikan untuk mendengarkan semua orang dengan seksama, lalu berikan pendapat Anda. Mempertimbangkan ide setiap orang dapat membantu meningkatkan kolaborasi selama proyek kelompok. Selain itu, Anda dapat mencoba membantu rekan kerja Anda dengan tantangan atau hambatan apa pun yang mungkin mereka alami.

8. Mintalah Saran

Mintalah saran dari manajer dan anggota tim Anda adalah cara yang baik untuk melihat bagaimana orang lain memandang Anda. Anda harus berusaha untuk menjadi anggota tim yang berharga, jadi akan sangat membantu untuk mendapatkan wawasan dari mereka yang mengamati pekerjaan Anda untuk memberikan saran yang konstruktif guna membantu mengidentifikasi kekuatan Anda dan menentukan keterampilan apa yang harus Anda kembangkan. Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan untuk memeriksa secara berkala dengan beberapa rekan kerja. Jika memungkinkan, carilah saran dari rekan kerja yang telah berkolaborasi dengan Anda dari berbagai bidang bisnis untuk mendapatkan berbagai perspektif.

9. Menjadi Relawan Untuk Mempelajari Teknologi Baru

Penting untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi industri Anda. Mempelajari perangkat lunak atau program baru yang terkait dengan bidang Anda menunjukkan bahwa Anda bersedia menerima teknologi baru dan memaksimalkan produktivitas. Anda juga dapat mempelajari teknologi baru yang membantu tim atau supervisor Anda. Misalnya, jika manajer Anda perlu memperbaiki kesalahan di situs web perusahaan Anda, Anda dapat mempelajari dasar-dasar bahasa pengkodean untuk menemukan kesalahan dan memperbaikinya.

10. Buat Situs Web

Salah satu cara untuk berkembang secara profesional adalah dengan membuat website pribadi. Situs web pribadi dapat digunakan untuk menampung portofolio profesional, CV, pernyataan misi pribadi, atau blog Anda. Saat Anda melamar pekerjaan, kirimkan tautan ke situs web Anda untuk HRD guna meninjau informasi tambahan tentang proyek yang telah Anda selesaikan dan pencapaian tertentu. Anda juga dapat memasukkan informasi kontak Anda di situs web Anda untuk memperluas jaringan profesional Anda.

Demikian pembahas 10 Tujuan Pengembangan Karir, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar