5 Tips Memilih Pakaian yang Akan Dipakai Saat Wawancara Kerja

5 Tips Memilih Pakaian yang Akan Dipakai Saat Wawancara Kerja – Wawan cara kerja adalah kesempatan Anda untuk dapat diterima disebuah perusahaan, jangan sampai pakaian yang tidak pantas membuat hilangnya kesempatan untuk dapat diterima disuatu perusahaan.

Bersiap untuk bersihkan pakaian dan semir sepatu Anda, mempersiapkan hal tersebut sama pentingnya dengan menulis surat lamaran Anda.Wawancara kerja adalah tempat dimana kerja keras anda terbayar dan Anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan idaman Anda.

Mari kita perjelas disini. Tidakada solusi yang mudah atau jawaban yang singkat untuk apa yang harus dipakai saat wawancara kerja. HRD lainnya mungki tidak akan memperdulikan selama anda tidak memakai kaos atau celana jeans. Berikut adalah 5 Tips Memilih Pakaian yang Akan Dipakai Saat Wawancara Kerja yang membuat anda berpakaian untuk sukses.

1. Gunakan Pakaian Yang Serasi

Pemeran dalam suatu filem mengetahui bahwa memainkan peran itu tidak hanya sekedar membaca kalimat dan melihat dimana saat yang tepat untuk meneteskan air mata, pakaian mereka harus melengkapi penampilannya. Ketika tiba watunya berpakaian untuk wawancara kerja.

Ingatlah bahwa anda tidak sedang berusaha mendapatkan pekerjaan dengan apa yang Anda kenakan. Anda memasukan pakaian Anda kedalam keseluruhan presentasi. HRD mungkin membutuhkan 10 detik saja untuk memutuskan bawa Anda layak untuk dipekerjakan diperusahaan. Apabila presentasi Anda sempurna dan pakaian Anda serasi munkin akan lebih sulit menghapus daftar calon pekerja yang akan diterima. Sebelum melakukan wawancara kerja, pastikan untuk :

  • Kenakan warana – warana yang netral dan jauhi pakaian berpola.
  • Pertimbangkan kenyamanan pakain yang anda kenakan.
Artikel Terkait :  6 Tips Menghadapi HRD Di Sesi Wawancara Kerja

2. Berpakain Lebih Baik Dari Orang Di Sebelah Anda

Pada saat mempersiapkan wawancara, lihatlah satu posisi berikutnya di atas posisi yang Anda lamar. Gunakan kode berpakaian mereka untuk menentukan apa yang akan anda pakai disaat wawancara kerja. Ini menunjukkan bahwa Anda ada dorongan untuk lebih maju dalam hidup.

Misalnya pelamar yang akan diwawancarai sebagai supervisor mungkin akan menggunakan celana dan kemeja biasa. Namun bekerja lah lebih keras dan buatlah HRD terkesan dengan muncul dalam setelan jas dan dasi. Sebelum wawancara pastikan Anda :

  • Berpakainalah untuk sukses, tetapi jangan berlebihan.
  • Lihatlah satu posisi di atas anda untuk mendapatkan inspirasi.
  • Teliti kode pakaian untuk posisi dan perusahaan yang akan dilamar.

3. Selalu Up to date

Wawancara adalah mengenai mengirim pesan. Tidak ada yang mengirimkan pesan buruk lebih cepat dari pada pakaian wawancara yang sudah usang yang tidak mematuhi aturan berpakaian hari ini. Ini tidak berarti Anda harus memakai pakaian sesuai medel kekinian, hanya jangan memakai pakaian yang lebih dari lima tahun. Mengenakan gaya yang baru dan segar membuat anda mengirimkan pesan yang positif.

Selain itu hal yang harus dihindari adalah terlalu segar dan kasual. HRD ingin melihat anda sebagai gaya muda dan fresh. Mereka menginginkan Anda sebagai bagian dunia baru. Mereka tidak ingin melihat sandal, sepatu sport yang terlihat bahwa anda siap untuk berjalan – jalan dengan teman Anda. Jangan sampai Anda berpakaian seperti Anda barusaja lulus kuliah, berpakaian lah seperti Anda pernah memiliki pekerjaan serupa atau lebih baik. Maka dari itu ingatlah untuk :

  • Tetap up to date pada mode saat ini
  • Jangan memakai pakain yang lebih dari lima tahun
  • Jangan terlalu santai seperti Anda mau jalan ke tempat teman
Artikel Terkait :  10 Tujuan Pengembangan Karir

4. Pakai Pakaian Yang Nyaman

Nyaman dengan pakain Anda adalah sangatlah penting. Karena HRD dapat melihat seseorang yang tidak nyaman dan gugup. Kegugupan anda mungkin hanya karena sepatu yang baru dibeli kemarin, tetapi HRD melihat Anda gugup karena kurang pengalaman atau hal yang lain. Untuk memilih pakaian yang akan dipakai pada saat wawancara, pilihlah pakaian yang membuat anda nyaman dan dapat mendapatkan pekerjaan. Jangan memekai baju atau sepatu yang baru dibeli kemarin, sebaiknya kenakan baju atau sepatu yang sudah dicoba beberapa hari sebelum hari untuk wawancara tiba. Ingatlah rasa malu terbesar yang harus dihindari. harus diingat bahwa :

  • Buang kertas harga yang menempel pada baju Anda
  • Pakailah pakaian yang nyaman jangan pakai pakaian yang baru dibeli dan gatal karena belumpernah dipakai

5. Melihat Suatu Kesempatan

Pakaian Jas dan dasi atau pakaian profesiaonal lainnya mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik. Beberapa pekerja tidak memerlukan pakain formal. Ingatlah bahwa anda sedang melukis gambaran tipe kandidat dengan pakaina Anda. Carilah tau tentang pakaian yang tepat dengan bicara dengan HRD sebelum hari wawancara dimulai. Yang terpenting pakaian Anda haruslah nyaman dan ingatlah untuk :

  • Lihat merek atau pakain rekomendasi untuk menentukan pakain terbaik
  • Pakai pakaian yang nyaman dan jangan mencoba pakaian yang membuat anda berkeringat

Berpakain untuk sukses tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan perhatian terhadap cara berpakain Anda saat wawancara kerja dan pastikan untuk jadi diri sendiri.

Demikianlah 5 Tips Memilih Pakaian yang Akan Dipakai Saat Wawancara Kerja semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar