3 Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Baik Dan Benar

Cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar – Setelah Anda lulus dari Sekolah Menengah Atas atau Perguruan Tinggi, pasti anda menginginkan untuk segera mendapatkan pekerjaan dengan mencari lowongan pekerjaan sesuai jurusan atau kemampuan yang Anda miliki. Untuk melamar kerja di suatu perusahaan atau instansi tertentu maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan benar.

Curriculum vitae yang anda buat harus dapat menjelaskan tentang pendidikan, pengalaman kerja yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Cara membuat curriculum vitae tidak ada acuan khusus. Apabila anda mencari di situs pencarian anda akan mendapatkan banyak pilihan format CV yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) merupakan daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, tempat tanggal lahir, riwayat pekerjaan dan lain sebagainya.

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup sering disertakan dengan surat lamaran pekerjaan. Dengan adanya CV maka perusahaan dapat mengetahui tentang riwayat Anda. Dalam wawancara suatu perusahaan CV juga digunakan sebagai acuan dalam wawancara.

Kebanyakan HRD memiliki minat yang kurang untuk membaca lebih detail tenteng daftar riwayat hidup Anda. Oleh sebap itu anda harus mengetahui cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar, agar CV Anda dapat menarik minat HRD untuk membaca lebih dalam.

Banyak orang yang belajar cara membuat Curriculum Vitae dengan konten unik dan sebaik mungkin, dari tata letak hingga desain penulisan. Dengan semakin bagus CV maka berkemungkinan besar untuk mengikuti tes wawancara dikemudian hari. Perlu diingat juga, jangan sampai karena ingin membuat CV yang bagus lantas melupakan membuat CV yang benar.

Untuk cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar ada beberapa hal yang harus diketahui. Untuk lebih jelasnya maka simak penjelasan tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar di bawah ini :

A. Mengetahui Perusahaan yang Akan Dilamar

Untuk cara membuat Curriculum Vitae maka Anda harus mengetahui informasi suatu perusahaan yang hendak dilamar. Anda harus melakukan job research, itu penting dilakukan karena CV adalah awal untuk melakukan pertimbangan oleh HRD atau perusahaan yang kita lamar apakah kita lolos tes administrasi atau tidak.

Oleh sebap itu kita harus mengetahui cara melakukan job research yang baik dan benar. Caranya dengan mencari tau persyaratan apasaja yang diberikan oleh perusahaan. Hal ini penting karena setiap perusahaan pasti ingin tau seberapa kesiapan seorang pelamar dalam menyipkan lamarannya. Untuk itu kita harus memperhatikan hal-hal seperti bagian-bagian yang berhubungan dengan posisi ditawarkan seperti ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang pelamar, usia dan pengalaman kerja pelamar.

Artikel Terkait :  5 Tips Memilih Pakaian yang Akan Dipakai Saat Wawancara Kerja

Selain harus mengetahui persyaratan apa saja yang telah ditetapkan oleh perusahaaan, kita harus mengetahui profil suatu perusahaan. Misal kita membaca tentang Visi, misi, etos kerja dan nilai-nilai yang diterapkan di suatu perusahaan yang akan dilamar. Dari informasi tersebut maka kita dapa menetukan hal-hal yang perlu dicantumkan di dalam CV yang akan kita buat.

3 Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Baik Dan Benar
Sumber : Freepik.com

B. Sumber CV yang Baik dan Benar

Mencari referensi cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar tentu sangat penting untuk dilakukan, khusunya untuk para pelamar yang beru pertama kali akan melamar suatu pekerjaan dan membutuhkan CV sebagai syarat untuk melamar.

Dengan berbagai sumber atau contoh CV yang kita lihat, maka kita dapat membuat CV yang menarik dan baik untuk pihak HRD perusahaan. Berikut isi dari sebuah Curriculum Vitae (CV) :

  • Identitas diri : Berisi tentang nama lengkap, nomor telepon, email, dan alamat yang bisa dihubungi.
  • Personality : Berisi tentang gambaran karakter diri.
  • Pendidikan : Berisi tentang informasi mengenai pendidikan terakhir, IPK, maupun jurusan yang ditempuh.
  • Pengalaman Kerja : Berisi tentang pengalaman kerja yang sudah dilalui sebelum melamar pekerjaan yang baru.
  • Keterampilan : Berisi tentang keterampilan yang dimiliki.
  • Training atau Pelatihan : Berisi tentang macam-macam pelatihan yang telah diikuti selama kurang lebih 3 tahun terakhir.
  • Informasi lain : Berisi tentang berbagai hal yang bisa diunggulkan, mulai dari hobi, referensi, ataupun hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Tentukan Desain CV Semenarik Mungkin

Setelah Anda mengetahui mengenai berbagai macam contoh CV yang sudah ada, maka selanjutnya Anda harus menetukan desain CV yang semenarik mungkin. Untuk dapat mengetahui desain CV yang menarik maka anda dapat melihat desain CV tersebut di intrnet.

Kegunaan dari desai CV yang menarik adalah agar HRD perusahaan tertarik dengan CV anda, yang kemungkinan besar anda dapt mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Meskipun Anda dapat membuat desain CV secara bebas tetapi jangan dilupakan tentang membuat CV yang baik dan benar. Pastikan CV yang Anda buat membuat HRD perusahaan dapan memahami tentang informasi yang Anda tulis didalam CV tersebut.

Artikel Terkait :  10 Tujuan Pengembangan Karir

C. Menulis CV

Setelah anda menentukan informasi perusahaan, mengetahui cara membuat Curriculum Vitae yang benar dan menentukan desain CV yang baik, selanjutnya membuat CV yang baik dan benar.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menulis CV :

  1. Cantumkan Identitas Diri

Memberikan identitas diri menjadi hal yang tidak boleh dilupakan dalam membuat CV. Dengan memberikan identitas diri anda pada CV maka akan memberikan informasi kepada pihak perusahaan tentang profil dan informasi tambahan tentang Anda.

Identitas diri mencakup beberapa hal, seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor telpon, email. Jangan lupa melampirkan foto terbaru Anda.

  1. Cantumkan Jenjang Pendidikan

Jangan lupa cantumkan jenjang pendidikan, karena isi dari sebuah CV adalah jenjang pendidikan. Cantumkan jenjang pendidikan dari jenjang yang terrendah sampai tertinggi, sebagai contoh TK,SD,SMP,SMA, hingga perguruan tinggi. Untuk sekarang ini kebanyakan perusahaan meminta untuk mencantumkan pendidikan terakhir saja. Maka harus diperhatikan tentang syarat yang diberikan oleh suatu perusahaan.

  1. Cantumkan Ketrampilan yang dimiliki

Mencantumkan ketrampilan yang dimiliki membuat CV akan terlihat lebih menarik. Hal ini dapat kita buat dengan berbagai macam bentuk, dapat berupa diagram, bullets and numbering, ataupun berupa paragraf yang dapat menggambarkan tentang kentrampilan yang anda punyai. Anda dapat tentukan salah satu yang akan anda buat di dalam CV Anda.

  1. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Pelatihan yang Telah Dilakukan

Seperti ketrampilan yang telah dicantumkan, untuk pengalaman kerja dan pelatihan yang telah dilakukan dapat dibuat juga diagram, bullets and numbering, atau paragraf. Cantumkan pengalaman dan pelatihan yang telah dilakukan sesuai dengan pekerjaan yang akan di lamar. Sehingga mempuat HRD perusahaan berfikir bahwa Anda adalah kamdidat yang berpotensi untuk dipilih.

  1. Baca dan Teliti CV yang Sudah dibuat

Ini adalah langkah terakhir yang harus anda lakukan sebelum mengajukan CV untuk melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Umumnya CV yang dibuat pertama kali masih ada kata-kata yang salah, oleh sebap itu membaca dan meneliti CV yang sudah dibuat akan menghasilkan CV yang baik dan benar.

Dengan membaca dan meneliti CV yang sudah dibuat maka Anda dapat mengetahui hal-hal yang kurang pada CV anda dan dapat langsung menambahi pada hal-hal yang dirasa kurang.

Demikian Cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar. Apabila anda menerapkan semua cara yang telah diberikan, maka dapat dipastikan CV yang telah Anda buat akan diterima oleh Perusahaan yang akan Anda lamar.

Tinggalkan komentar